1.
Batok Triguna
Tujuan dari permainan ini adalah melatih keseimbangan tubuh
dan kesegaran otak. Alat yang diperlukan dalam permainan ini adalah batok
kelapa. Sedangkan Prosedur permainan batok triguna adalah :
- Tiap peserta dibekali dengan tiga buah batok kelapa dengan bentuk ½ lingkaran bola.
- Diinstruksikan saat berjalan di arena, peserta wajib menginjakan kaki di atas batok yang disediakan.
- Saat berjalan, kaki peserta tidak boleh menyentuh tanah secara langsung, dan tangan saat mengambil batok tidak boleh bertumpu pada tanah secara langsung pula.
2. Boom 7
Tujuan : untuk melatih
konsentrasi dan daya ingat para peserta. Prosedurnya yaitu:
Peserta diharuskan
berhitung jika ketemu angka dan kelipatan 7 harus menyebutkan boom. Contoh :
1,2,3,4,5,6,boom,8,9,10,11,12,13,boom,15,16,boom, dan seterusnya… Jika peserta
yang melanggar akan diberi sanksi yakni dikerjain. Untuk variasi kata boom bisa
diganti dengan kata lain misalnya dengan menyebutkan nama sendiri ketika ketemu
angka dan kelipan 7.
3.
Komunikata
Salah satu peserta dari
kelompok memilih kalimat yang telah disedikan oleh panitia, lalu kalimat
tersebut diaplikasikan ke kelompoknya. Caranya kalimat tersebut harus dibisikan
berurutan ke teman kelompoknya dengan cara berbanjar / baris memanjang. Peserta
yang paling ujung harus memberikan hasil kalimat yang telah dibisikan ke
panitia.
4.
Pipa Korupsi
Tujuan : untuk melatih
tingkat kerjasama tim, kekompakan, kekreatifan dan daya nalar peserta.
Prosedurnya yaitu:
Setiap kelompok
diharuskan mengisi air ke dalam pipa yang sisi pipanya sudah diberikan lubang
kecil. Kelompok yang dapat mengisi air lebih banyak ke dalam pipa dalam waktu
10 menit maka ia adalah pemenangnya.
5.
Langkah Misteri
Tujuan : untuk melatih
daya ingat, kerjasama tim, dan daya nalar. Alat yang digunakan : Karton / Koran
yang di beri nomor 1-20 dan kertas. Prosedurnya yaitu:
Awalnya setiap peserta
dalam kelompok harus menghadap membelakangi kotak angka 1-20, lalu peserta
bergiliran jalan menebak beberapa kotak angka dari 1-20. Agar mereka dapat
berjalan hingga ke angka 20, setiap peserta harus menebak kotak tersebut ada
yang bisa dilalui dan tidak dapat dilalui. Jika peserta melewati kotak yang
tidak dapat dilalui maka ia harus mengulang lagi dan mengantri ke urutan
terakhir.
6.
Jejak Maut
Syarat : kelompok yang
sedang bermain harus ditutup matanya, kecuali orang yang menjadi leader.
Tujuan : untuk melatih
rasa kepercayaan kepada teman kita, untuk melatih diri agar siap untuk dipimpin,
untuk melatih seseorang dalam jiwa kepemimpinan, untuk melatih seberapa dekat
mengenal suara teman kita dalam satu kelompok. Prosedurnya yaitu:
Dalam satu tim
diharuskan menunjuk satu orang yang menjadi leader dan anggota sisanya harus
siap untuk ditutup matanya satu persatu. Setiap anggota kelompok bergantian
harus jalan melewati rintangan yang berupa gelas aqua, kardus, dan sandal
dengan mata ditutup kain / slayer dan orang yang menjadi leader harus
memberikan instruksi kepada anggota kelompok yang matanya tertutup hingga ia
dapat mencapai garis finish. Tetapi saat leader dari satu kelompok memberikan
instruksi, panitia dan musuh dari kelompoknya dibolehkan memberikan instruksi
juga sehingga konsentrasi dari peserta yang ditutup matanya menjadi buyar.
7.
SpiderWeb
Tujuan : untuk melatih
kekompakan, kebersamaan dan solidaritas. Prosedurnya yaitu:
Setiap anggota kelompok
harus melewati jaring-jaring yang telah dibuat panitia dengan tidak menyentuh
tali yang dibuat panitia dan setiap jaring-jaring yang sudah dimasuki oleh
anggotanya tidak boleh lagi dimasuki oleh anggota kelompok yang lainnya.
8.
Kotak Berganda
Tujuan : untuk melatih
rasa solidaritas, kekompakan dan kebersamaan. Prosedurnya yaitu:
Seluruh anggota harus
dapat masuk dalam kotak yang ukurannya mulai besar hingga kecil. Dan seluruh
anggota dilarang keluar kotak / garis yang ditentukan oleh panitia. Peserta
harus bertahan di kotak terakhir / kotak terkecil selama 30 detik.
9.
Balap Ulat Bulu
Balap ulat bulu
dapat dimainkan di
lapangan. Peserta dipecah jadi 3atau 4 team, setiap team terdiri dari 7-10 orang.
Prosedurnya yaitu :
1. Peserta kita minta untuk membentuk
formasi berbaris ke belakang dengan tangan dibahu, atau di pinggang atau
berpelukan.
2. Tugas mereka adalah berjalan dengan
teamnya dengan rute yg kita buatkan
sebelumnya, bisa berupa lintasan dengan tali atau tanda-tanda patokan.
3. Tiap team
harus bergerak secepatnya ke garis finish yg kita tentukan Bagi Team yang barisannya
rusak harus mulai lagi dari garis start.
4. Target : Team yang
menjadi pemenang adalah yang pertama sampai di garis finish dengan utuh.
5. Larangan : Tidak boleh
merusak formasi teamnya, misalnya tangan terlepas,terjatuh atau tertinggal sebagian.
6. Variasi: Lintasan dapat dibuat lurus atau
berkelok-kelok.
Pergerakan bisa juga dibuat maju
atau mundur, Bisa juga formasi lainnya,
tergantung kondisi lapangan dan juga tingkat usia peserta.
10. Hulahoop
Games ini dapat
dilaksanakan secara kelompok, dengan jumlah anggota kelompok 6-10 orang. Hulahoop
yang digunakan bisa yang terbuat dari
rotan atau dari tali/ webbing yg dibuat melingkar dengan diameter 1-1,5 meter.
Prosedurnya yaitu:
1. Hulahoop
diletakkan di pundak salah satu anggotakelompok
2. Kemudian dengan
didahului aba-aba, hulahoop tersebut harus berpindah dari satu anggota
kelompok ke anggota yang lain sampai keanggota kelompok yang terakhir.
3. Anggota
kelompok boleh menggerakkan seluruh badan untuk membuat hulaoop tersebut bergerak,
4. Posisi peserta dapat dibuat
melingkar atau berjajar atau berbaris ke belakang.
5. Larangan: webbing / hulahoop tidak boleh dipegang
atau digenggam oleh tangan anggota
kelompok.
6. Variasi : Sebagai
variasi, perpindahan hulahoop dapat dibuat satu arah atau bisa juga bolak-balik. Jika menggunakan tali/webbing, dapat juga
divariasikan dengan menggunakan 2 hulahoop yang harus berpindah
berlawanan arah. Untuk lebih meriah,
permainan ini dapat dimainkan dalam format kompetisi dengan membentuk 2
atau 3 kelompok jika jumlah pesertanya mencukupi, dan mereka yang paling cepat
yang menang.
11. Tupai dan Pemburu
Prosedurnya yaitu :
1. Awalnya kita minta peserta membentuk
lingkaran, kemudian secara cepat kita minta
mereka membentuk kelompok-kelompok yang terdiri dari 3 orang, sehingga
pasti akan tersisa satu orang yang tidak mempunyai kelompok.
2. Dari 3 orang
tersebut kita minta satu orang menjadi tupai yang akan
jongkok/merunduk, berada di antara 2 rekan lainnya yang membentuk pohon
dengan cara berpegangan tangan saling berhadapan, seperti pada permainan “ular naga
panjangnya”.
3. Fasilitator
akan mulai dengan memberikan cerita, di mana dalam ceritanya akan diselipkan kata
PEMBURU, ANGIN, dan BADAI.
4. Jika disebut
kata PEMBURU, maka semua tupai harus pindah ke pohon yang lain, jadi berpindah
ke kelompok lainnya, secepatnya.
Pohon tetap diam di tempat.
5. Jika disebut
kata ANGIN, maka yang berpindah adalah pohon,tanpa boleh melepas pegangan tangannya, mencari tupai yang
lain.
6. Namun jika
yang disebut adalah BADAI, maka semua harus berpindah dan berganti peran,
boleh jadi tupai atau pohon dansebaliknya.
7. Cerita akan
dilanjutkan oleh satu orang yang tidak mendapat tempat/pasangan, dan diteruskan hingga beberapa kali
8. Pada saat
berpindah, orang yang bercerita harus ikut segeramencari kelompok dan peran sebagai tupai/pohon yang kosong.
12.
Games Detoksifikasi
Games ini dimainkan dengan banyak
peserta. Di tanah yang agak lapang, dibuat dua buah lingkaran yang cukup besar,
diameternya kira-kira dua meter. Di pusat lingkaran satu ditempatkan sebuah
botol air mineral 1 liter yang sudah diisi dengan air. Di pusat lingkaran dua
ditempatkan sebuah ember. Disediakan juga sejumlah tali-tali. Nah, peserta
diwajibkan untuk menuang air di botol air mineral itu ke dalam ember. Tapi
peserta nggak boleh masuk ke dalam lingkaran-lingkaran itu. Jadi, peserta harus
menggunakan tali-tali yang sudah disediakan untuk membantu memindahkan botol
dan menuang isinya ke dalam ember. Air di dalam botol itu ceritanya adalah
racun yang mematikan. Jadi, kalau sampai isi botol itu tumpah ke tanah maka
games harus diulang lagi dari awal.
13. Tambang Bintang
Permainan ini paling menyita
tempat, karena 1 tim saja bisa cukup luas. Apalagi dalam 1 kali pertandingan
bertanding 3 tim. Tambang bintang, atau tambang bintang menantang, demikian
permainan ini dinamakan adalah permainan memasukkan paku ke dalam botol. Paku
tersebut diikatkan kepada lima orang peserta dengan menggunakan tali. Satu tim
peserta harus bekerja sama dengan baik untuk mengarahkan ujung paku tersebut ke
mulut botol.
14.
Kawah Beracun
Tidak seseram namanya, yang
dimaksudkan kawah beracun adalah berlomba menyeberangkan 5 orang peserta dengan
menggunakan 3 buah papan yang kita injak dengan bolak-balik berkali-kali
mengambil dan mengantarkan sampai dengan orang terakhir diseberangkan.
0 komentar:
Posting Komentar