Photobucket

Sabtu, 07 April 2012

Deskripsi Ikan Air Tawar dan Air Laut


Batang ekor
   : Bagian dari ekor yang terletak diantara ujung belakang dasar sirip dubur dan pangkal sirip ekor.
Bentuk sabit   : Bentuk sirip ekor yang bagian belakangnya melengkung dan menyempit serta meruncing pada kedua lembaran ujungnya.
Bentuk pipih  : Bentuk ikan yang panjang lagi tipis
Branchiostegal : Tulang tambahan tutup insang, yakni jari-jari yang memperkuat selaput kulit terletak di bawah tutup insang.
Busur insang  : Lengkung insang, tulang penguat daripada insang, dimana terdapat daun insang dan saringan (tapisan) insang.
Karnivor : Pemakan daging, pemakan darah, hamper semua ikan buas termasuk ikan berjari-jari sirip keras termasuk karnivor.
Ctenoid : Sisik yang bagian belakangnya berbentuk seperti sisir, berduri-duri.
Cuping : Pertumbuhan kulit yang menyerupai lidah-lidah yang terdapat diantara kedua sirip perut (misalnya pada jenis-jebnis ikan tuna).
Cycloid : Sisik lingkaran  yaitu jenis sisik yang bagian belakangnya tanpa duri, halus, dalam pertumbuhannya sisik ini disertai lingkaran yang konsentris.
Dada   : Bagian sebelah bawah ikan yang terletak di bawah sirip dada.
Garis susuk    : Linea lateralis (lateral line), yaitu suatu garis yang dibentuk oleh deretan sisik-sisik yang berpori (berlubang) dimana bermuara ujung-ujung urat saraf yang terletak dibawah deretan sisik-sisik tersebut,  garis rusuk ini antara lain berfungsi sebagai indera (indera keenam).

1. Ikan Baung
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Bagridae
Genus              : Macrones
Spesies            : Macrones nemurus
c. Deskripsi
Bentuk badan agak memanjang, kepala picak, tidak memiliki sisik, mulut subterminal, ukurun mulut lebar dan tidak dapat disembulkan. Bibir tipis, bibir atas ditutupi kulit lipatan hidung, bibir atas bersambung dengan bibir bawah dan tidak bergerigi, memiliki sungut 4 pasang. Berwarna coklat gelap dengan pita tipis memanjang yang jelas berawal dari tutup insang hingga pangkal sirip ekor, pangkal sirip lemak sama dengan panjang pangkal sirip dubur. Lebar badan 4 kali lebih pendek dari panjang standar, bagian atas kepala kasar, terdapat garis gelap memanjang di tengah, biasanya terdapat sebuah titik hitam di ujung sirip lemak, penghuni dasar perairan, banyak dijumpai pada aliran sungai yang tidak deras, pada awal musim hujan, bersifat omnivore dan merupakan ikan ekonomis penting, 12-13 jari-jari lemah pada sirip dubur, panjang total  570 mm.
2. Ikan Baung Tikus
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Bagridae
Genus              : Bagrichthys
Spesies            : Bagrichthys macracanthus
c. Deskripsi
Terdapat 18-29 gerigi pada sirip punggung ikan dewasa, sungut rahang bawah bagian luar maupun dalam lurus, berwarna hitam dengan garis sepanjang gurat sisi, hidup pada aliran air yang tidak deras, berkembang biak pada awal musim hujan sampai musim kemarau, kebiasaan makan bersifat omnivore dan termasuk ikan hias penting dengan panjang total 240 mm.
3. Ikan Tambakan
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Helostoma
Spesies            : Helostoma temmincki
c. Deskripsi
Bentuk tubuh pipih kompressed, kepala bersisik, mulut subterminal, berukuran sempit dan protractil, rahang tidak bergerigi, bibir tebal, kedua bibir berlipatan, moncong berukuran pendek, sirip punggung terletak di belakang kepala bagian anterior badan, permulaan sirip punggung persis sama dengan permulaan sirip perut. Anggota suku ini hanya satu jenis saja yaitu Helostoma temmincki, bentuk badan oval memanjang dan pipih, bagian atas badan berwarna hijau dan perut berwarna putih, mata berwarna coklat kekuningan, dimana dijumpai dalam air tenang dengan vegetasi lebat, meyukai air yang tenang dengan vegetasi lebat, memijah pada ukuran 10 cm dengan menyusun sarang busa untuk memijah, merupakan ikan konsumsi penting, 16-18 jumlah jari-jari keras dan 13-16 jari-jari lemah pada sirip punggung, 13-15 jari-jari keras dan 17-19 jari-jari sirip lemah pada sirip dubur dengan panjang total 300 mm.
  
4. Ikan Betok/puyuh
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantide
Genus              : Anabas
Spesies            : Anabas testudineus
c. Deskripsi
Badan pipih tegak membulat, kepala tumpul dan bersisik, moncong pendek, mulut terminal, ukurannya sempit, bibir tipis dan bergerigi, sirip punggung terletak di belakang kepala bagian anterior badan. Permulaan sirip punggung di depan sirip perut atau di atas sirip dada, sirip punggung terpisah dengan sirip ekor, gurat sisi lengkap tidak sempurna atau terdiri dari garis yang putus-putus. Organ pernafasan tambahan yang dimiliki memungkinkan mereka hidup di perairan, dimana ikan lain tidak dapat hidup, dapat berjalan jauh dengan menggunakan ekornya untuk bergerak, sirip perut, sirip dada, dan tutup insang yang keras digunakan untuk mendukung badannya, merupakan bahan makanan yang umum dan mampu bertahan hidup di luar air jika kulitnya tetap basah, memiliki 15-19 jari-jari keras dan 7-9 jari-jari lemah pada sirip punggung, 9-11 jari-jari keras dan 8-12 jari-jarilemah pada sirip dubur dan dapat mencapai panjang total 230 mm.
5. Ikan Sepat Rawa
a. Morfologi                                                                   
b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Trichogaster
Spesies            : Trichogaster trichopterus
c. Deskripsi
Bentuk tubuh pipih, kehijauan sampai kebiruan dengan beberapa pita warna miring berwarna gelap dan sebuah bercak di tengah sisi pada pangkal sirip ekor, sirip ekor ujungnya berlekuk dangkal, sirip punggung lebih kecil dari sirip anus, salah satu jari sirip lunaknya memanjang seperti cambuk, tubuh ditutupi sisik dan gurat sisi lengkap tapi tidak sempurna. Ikan ini hidup di rawa-rawa dan genangan air yang banyak ditumbuhi oleh tanaman air dan sebagia ikan konsumsi dan ikan hias, 6-8 jari-jari dan 8-9 jari-jari lemah pada sirip punggung, 10-12 jari-jari keras dan 33-38 jari-jari lemah pada sirip dubur dengan panjang total 120 mm.
6. Ikan Sepat Siam
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Trichogaster
Spesies            : Trichogaster pectoralis
c. Deskripsi
Badan berbentuk pipih dan penuh dengan belang berwarna gelap, garis warna hitam tidak beraturan memanjang dari mata sampai ketengah pangkal sirip ekor, tubuh ditutupi sisik, sisik lengkap tapi tidak sempurna, tubuh berwarna coklat abu-abu, permulaan sirip punggung terletak  pada pertengahan badan, sirip ekor bentuknya bulat, sirip perut menyerupai cambuk dan sirip dada terletak sejajar sirip perut, 7 jari-jari keras dan 10 jari-jari lemah pada sirip punggung, 9-11 jari-jari keras dan 36-38 jari-jari lemah pada sirip dubur dengan panjang total 250 mm.
  
7. Ikan Sepat Mutiara
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Trichogaster
Spesies            : Trichogaster leeri
c. Deskripsi
Badannya abu-abu dengan bintik-bintik berwarna perak banyak sekali, seluruh tubuhnya di tutupi oleh sisik, bagian perutnya kuning orange, sebuah garis warna hitam di tengah, sungut sampai ujung sirip ekor berwarna gelap, dan bagian depan sirip dubur berwarna merah, bentuk sirip ekor berlekuk tunggal, permulaan siri punggung terletak di pertengahan badan, salah satu jari sirip lemahnya memanjang seperti cambuk, sirip dada ujung membulat, gurat sisi lengkap dan sempurna, 5-7 jari-jari keras dan 8-9 jari-jari lemah pada sirip punggung, 12-14 jari-jari keras dan 25-30 jari-jari lemah pada sirip dubur dengan panjang total 120 mm.
8. Ikan Gabus
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Opiocephalidae
Genus              : Channa
Spesies            : Channa striata
c. Deskripsi
Bentuk badan bundar, sirip punggung dan sirip dubur panjang dan hamper sama, dewasa tidak ada gigi bentuk taring pada vomer dan palatine, 4-5 sisik antara gurat sisi dan pangkal jari-jari sirip punggung bagian depan, hidup di sungai-sungai sampai rawa-rawa, berkembang biak pada awala musim hujan sampai kemarau dan menjaga telur dan anaknya oleh induknya, termasuk ikan predator dan karnivora, merupakan ikan konsumsi, panjang total 900 mm.
9. Ikan Toman
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Opiocephalidae
Genus              : Channa
Spesies            : Channa micropeltes
c. Deskripsi
Badan memanjang dan subsilinder, kepala pipih, bersisik persis seperti kepala ular, mulut berukuran lebar dan mengarah ke atas. Terdapat garis warna orange dari moncong ke sirip ekor bagian atas dan bawahnya di batasi oleh garis berwarna hitam yang kemudian terputus menjadi binti-bintik yang tidak beraturan atau bercak pada specimen dewasa yang kemudian menghilang, vomer dan palatine mempunyai deretan gigi-gigi kecil dan sederet gigi bentuk taring yang tajam, hidup hamper di semua perairan tawar, merupkan ikan konsumsi, panjang total 1000 mm.
10. Ikan Bujuk
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Channidae
Genus              : Channa
Spesies            : Channa lucius
c. Deskripsi
Badannya garis memanjang yang terbentuk bercak-bercak gelap yang terpisah, gigi vomer dan palatine memiliki 2 gigi bentuk taring yang ukurannya berbeda, 4-5 sisik di antara gurat sisi dan bagian depan pangkal jari-jari sirip punggung, dapat menghirup udara dari atmosfir, karena memiliki insang tambahan, panjang total 235 mm.
11. Ikan Tilan
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ophistani
Famili              : Mastacenbeidae
Genus              : Mastacembelus
Spesies            : Mastacembelus maculates
c. Deskripsi
Bentuk tubuh seperti ular dengan rahang atas lebih panjang dan di ujungnya terdapat satu pasang sungut dan lubang hidung, kepala juga panjang dengan posisi mulut di bawah hidung, sirip punggung, sirip ekor dan sirip anus bersambung yang jari-jarinya terdiri dari jari-jari siripnya terdiri dari jari-jari sirip lemah, di depan sirip punggung terdapat jari sirip keras yang menyerupai duri, warna dasar tubuh hitam dengan garis-garis membujur berwarna merah menyala mulai dari kepala sampai ekor.
12. Ikan Belut
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Synbranchoidea
Famili              : Synbranchidae
Genus              : Monopterus
Spesies            : Monopterus albus
c. Deskripsi
Badan tanpa sisik dan sirip (dada dan perut) tidak ada atau tereduksi menjadi lipatan kulit yang bersatu dengan sirip punggung, ekor dan dubur. Celah insang bergabung menjadi lipatan tunggal di bawah kepala, terampil sembunyi di dalam lumpur pada waktu genangan air mongering (seperti sawah) dan bertahan hidup selama kulitnya lembab, membangun sarang berbusa dimana jalannya dapat melekatkan telur. Awal sirip punggung di belakang sirip dubur, panjang ekor (dubur sampai ujungnya) 2,5-3 kali lebih pendek dari panjang standar. Merupakan ikam konsumsi penting yang umum terdapat di sawah-sawah, bersifat hermafrodit, dan panjang total 875 mm.
13. Ikan Lele lokal
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Claridae
Genus              : Clarias
Spesies            : Clarias batrachus
c. Deskripsi
Bentuk badan pipih memanjang dan kepala picak atau mendatar, keras dan licin. Mulut inferior dan tidak dapat disembulkan, bibir tipis dan bergerigi, moncong berukuran pendek dan tumpul, mempunyai 4 pasang sungut. Sirip ekor, sirip punggung dan sirip dubur tidak bersatu, kepala relative besar, jari-jari sirip punggung dan sirip dubur relative sedikit. Batas melalui bagian tengah mata atau bagian depan mata, jarak antara sirip punggung dan kepala 4,5-5,5 kali lebih pendek dari jarak antara moncong dan tonjolan keras di kepala. Mempunyai labirin sebagai alat pernafasan tambahan, 60-70 jaro-jari lemah pada sirip punggung dan 47-58 jari-jari lemah pada sirip dubur dengan panjang total 400 mm.
14. Ikan Paweh
a. Morfologi
b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Osteochilus
Spesies            : Osteochilus hasselti
c. Deskripsi
Bentuk tubuh pipih compressed, ekor bercagak, mulut berbentuk terminal dan moncong dapat disembulkan ke luar (protaktil), bibir bawah dan atas berlipatan, terdapat sepasang lubang hidung, tidak terdapat tubus keras pada bagian moncong. Gurat sisi sempurna mulai dari belakang tutup operculum sampai batang ekor yaitu 26, posisi dasar sirip dada 450 hampir horizontal, pada bagian perut membesar, mempunyai bintik hitam pada bagian batang ekor, pada sirip dada dan perut berwarna merah terang pada ikan segar. Pada bagian dada dan perut terdapat bintik warna agak kemerahan pada sisik, tipe sisik cycloid. Posisi sirip punggung pada pertengahan badan, bentuk kepala kecil dan ekor bercagak.

15. Ikan Kapiek
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Cypriniformes
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Puntius
Spesies            : Puntius schwanepeldi
c. Deskripsi
Bentuk tubuh pipih kompresed, mulut subterminal, ukurannya sempit dan protractile. Gurat sisi lengkap sempurna, melengkung kea rah bawah yang dimulai dari belakang operculum dan berakhir pada pertengahan pangkal sirip ekor, mempunyai 13 sisik gurat sisi, badan berwarna perak dan kuning keemasan, sirip punggung merah dengan bercak hitam pada ujungnya. Sirip dada, sirip perut dan sirip dubur berwarna merah, sirip ekor bercagak berwana orange dengan pinggiran garis  hitam dan putih sepanjang cuping sirip ekor. Ujung sirip perut mencapai sirip anus.
16. Ikan Barau
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Hampala
Spesies            : Hampala macrolepidota
c. Deskripsi
Bentuk tubuh torpedo, mulut subterminal, ukuran mulut lebar. Bibir tebal, kedua bibir saling berlipatan, bibir atas bersambung dengan bibir bawah, sungut berukuran pendek dan halus berjumlah sepasang. Memiliki bercak hitam antara sirip punggung dan sirip perut, kemudian menjadi samar-samar pada ikan yang sangat besa. Warna sisik putih dan besar, permukaan atas badan gelap, badan memanjang, mancung hanya mempunyai satu sungut rahang atas di sudut mulut yang sama panjangnya dengan mata, panjang total 700 mm
17. Ikan Subuhan
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Puntius
Spesies            : Puntius bulu
c. Deskripsi
Bentuk tubuh pipih compressed, mulut subterminal, ukurannya sempit dan protractile, bibir halus, bibir atas ditutupi oleh kulit lipatan hidung, Memiliki 2 pasang sungut yang terdapat di rahang atas, dekat lubang hidung dan di ats bibir atas. Terdapat 7 sisik diantara awal sirip punggung dan gurat sisi, batang ekor dikelilingi 16 sisik, sisik badannya bertanda hitam membentuk rangkaian pita warna tegak, tipis yang bentuknya tidak teratur, panjang total 350 mm.
18. Ikan Belida
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Osteoglossiformes
Famili              : Notopteridae
Genus              : Notopterus
Spesies            : Notopterus borneensis


c. Deskripsi
Bentuk tubuh pipih memanjang, mulut subterminal, berukuran lebar dan agak bisa disembulkan, sudut mulut sampai bagian belakang mata, rahang tulang mata banyak bergerigi, bibir halus dan bibir atas ditutupi kulit lipatan hidung. Bagian perut di depan sirip perut memipih membentuk geligir tajam, sirip punggung terletak di pertengahan badan, posisi sirip perut subabdominal dan sirip perut rudimeter. Bentuk kepala dekat punggung cekung, rahang semakin panjang sesuai meningkatnya umur sampai jauh melampaui batas belakang, sisik preoperculum lebih dari sepuluh baris, 117-127 jari-jari pada sirip dubur, 43-49 pasang duri kecil di sepanjang perut, dapat dikenali melalui sirip dubur yang panjang dan berawal tepat di belakang sirip perut dan dihubungkan sisik-sisik kecil dengan sirip ekor, termasuk ikan predator dan nocturnal, banyak dijumpai di sungai-sungai, memijah pada musim hujan sampai musim kemarau, ikan jantan membuat sarang dari ranting dan daun serta menjaga telur dan anak-anaknya, dan sebagai ikan konsumsi dengan panjang standar 1500 mm.

19. Ikan Ciling-ciling
b. Klasifikasi
Ordo                : Cypriniformes
Famili              : Cobitidae
Genus              :  Botia
Spesies            : Botia macracanta
c. Deskripsi
Bentuk tubuh pipih mendatar, bagian perut agak membundar, burduri di bawah mata yang dapat digerakkan. Permulaan sirip punggung di muka permulaan sirip perut, duri di bawah mata dengan pinggiran yang bebas, memiliki 6 sungut dan sirip ekor bercagak. Memiliki 12-14 pita tegak berwarna kebiru-biruan bertepi hitam (yang berwarna pucat lebih besar), 12-13 jari-jari bercabang pada sirip punggung, terdapat bercak dan garis warna pada ujung sirip punggung, merupakan ikan konsumsi, panjang total 210 mm.
20. Ikan Motan
a. Morfologi
b. Klasifikasi
Ordo                : Cyipriniformes
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Thynnchthys
Spesies            : Thynnchthys polylepis
c. Deskripsi
Bentuk tubuh pipih memanjang seperti anak panah, mulut subterminal, ukurannya sedang, bibir halus dan tidak berlipatan, sirip punggung terletak di pertengahan badan, permulaan dasar sirip punggung di depan sirip perut, sirip punggung terpisah dengan sirip ekor, posisi sirip perut subabdominal, sirip ekor bercagak, gurat sisi sempurna, garis yang melengkung ke bawah mulai dari belakang operculum dan berakhir di pertengahan pangkal sirip ekor. Warna badan putih perak dengan sisik kecil, operculum besar, permukaan sirip punggung lebih dekat kemuncung dibandingkan ke batang ekor, sirip punggung hampir bertepatan dengan permukaan sirip perut, mempunyai single dorsal fin yang memanjang dan anal fin nya memanjang melebihi pergelangan pangkal ekor, terdapat sisik pada gurat sisi, 13 sisik antara sirip punggung dan gurat sisi, ikan ini menyukai hidup di air yang tidak deras, memijah pada awal musim hujan, awal musim kemarau dan termasuk ikan omnivore.
21. Ikan Tapah
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Siluriformes
Famili              : Siluridae
Genus              : Wallago
Spesies            : Wallago leeri

c. Deskripsi
Bentuk badan memanjang, pipih compressed serta kepala picak, mulut terminal agak melengking ke atas, badan tidak bersisik, sudut mulut mencapai bagian depan mata, mata terletak di belakang sudut mulut pada samping mulut terdapat sungut yang panjangnya 1/3 panjang tubuh, mempunyai sirip perut yang sangat pendek, posisi sirip perut subabdominal, mempunyai sirip dubur yang panjang, panjang sirip dada lebih pendek dari panjang kepala. Sirip dada berwarna hitam, sudut mulut mencapai bagian depan mata berpinggiran bebas,  posisi mulut terminal agak melengkung ke atas, sirip perut membulat kira-kira 2/3 panjang kepala dan mengecil. Panjang tubuh 5-5 kali panjang kepala dan 4-6 kali tinggi badan , memiliki 9 tulang saring insang.
22. Ikan Betutu
a. Morfologi
b. Klasifikasi
Ordo                : Gobiodei
Famili              : Eleotrididae
Genus              : Eleotris
Spesies            : Eleotris macrolepis
c. Deskripsi
Kulit badan berwarna coklat, mulut condong ke atas, badan berbentuk bulat, terdapat 80-90 deret sisik sepanjang sisi badan, sisik di depan sirip punggung adalah 60-65, tidak ada bercak di batang ekor, ikan jantan berwarna lebih cerah daripada ikan betina, panjang total 460 mm
  
23. Ikan Lais Kaca
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Siluriformes
Famili              : Siluridae
Genus              : Kryptopterus
Spesies            : Kryptopterus palembangensis
c. Deskripsi
Hidup di dasar dan tengah perairan tawar, sirip punggung teredupsi, lebar badan kira-kira 3,5 kali lebih pendek dari panjang standar, sungut-sungut rahang atas mencapai sirip dubur, sungut-sungut rahang bawah lebih pendek daripada panjang kepala, warnanya transparan seperti kaca, sehingga tulang dan isi perut didalamnya terlihat jelas, panjang total 170 mm.

24. Ikan Kelabau
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Cyipriniformes
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Osteochillus
Spesies            : Osteochillus kelabau
c. Deskripsi
Mempunyai bercak hitam besar tegak di atas sirip dada, mempunyai sisik pada gurat sisi 38 yang memanjang dari belakang operculum sampai batang ekor, ukurun bibir tebal, bibir atas dan bibir bawah berlipatan, memiliki dua buah lubang hidung, bentuk sirip punggung sempurna yang terletak di belakang kepala bagian anterior badan, permulaan sirip punggung di muka sirip perut, hubungan sirip punggung dan ekor terpisah, sirip ekor bercagak. Terdapat 11-12 sisik antara awal sirip punggung dan gurat sisi, mulut melengkung ke atas, bercak besar melintang di atas sirip perut, 16-18 jari-jari bercabang pada sirip punggung, menyukai air tenang, panjang standar 370 mm
25. Ikan Patin
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Pangasidae
Genus              : Pangasius
Spesies            : Pangasius-pangasius
c. Deskripsi
Memiliki gigi vomerina atau bertemu satu titik, mata sangat besar (kira-kira seperempat panjang kepala), moncong berbentuk segi, cuping rahang bawah memanjang dari pada membulat, tonjolan tulang lengan pada pangkal sirip dada pendek, sungut rahang atas memenjang sampai pinggiran belakang mata atau melampauinya, 29-38 jari-jari lemah pada sirip dubur, panjang standarnya 600 mm.
26. Ikan Cupang
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Anabantoidei
Famili              : Belontidae
Genus              : Betta
Spesies            : Betta pusca
c. Deskripsi
Ada sebuah garis warna gelap melengkung dari mata ketenggorokan dan sebuah lagi dari ujung moncong memanjang ke arah belakang, tidak ada binti-bintik gelap di bawah garis tengah operculum, memliki 1-3 jari-jari keras dan 6-8 jari-jari lemah, pada sirip punggung 1-3 jari-jari keras dan 20-25 jari-jari lemah pada sirip dubur, dengan panjang total 82 mm.
27. Ikan Sumatra
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Cyipriniformes
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Puntius
Spesies            : Puntius tetrazona
c. Deskripsi
Tubuh berbentuk pipih compressed, Badan berwarna kekuningan dengan 4 pita warna hitam tegak, termasuk 1 yang melalui mata dan 1 pada pangkal sirip ekor, di ujung sirip punggung berwarna merah dengan 4 jari-jari keras dan 8 jari-jari lemah, sirip ekor bercagak berwarna merah dan transparan, dengan 12-14 jari-jari lemah, sirip dubur berwarna merah dengan 3 jari-jari keras dan 5 jari lemah, batang ekor dikelilingi 12 sisik, panjang total 70 mm
28. Ikan Arwana/Kayangan
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Osteoglossiformes
Famili              : Osteoglossidae
Genus              : Scleropagus
Spesies            : Scleropagus formosus
c. Deskripsi
Badan agak memanjang, bersisik besar dank eras, kepala tidak bersisik, memiliki gelembung renang, sirip punggung dekat dengan sirip ekor, sirip dada memanjang dan runcing, 2 sungut lemak pada rahang bawah, panjang total 500 mm.

29. Ikan Jelawat
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Cyipriniformes
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Lebtobarbus
Spesies            : Lebtobarbus hoevenii
c. Deskripsi
Gurat sisi memanjang dari bawah batang ekor dan pangkal sirip ekor, 4-5 sisik antara gurat sisi dan awal sirip punggung, sirip ekor bercagak, biasanya hidup di sungai, panjang total 410 mm.
 
30. Ikan Gurami
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Osphronemus
Spesies            : Osphronemus gouramy
c. Deskripsi
Badan pipih compressed, kepala pendek, lancip dan bersisik, mulut terminal, berukuran sempit dan dapat disembulkan, bibir tebal, halus dan kedua bibir berlipatan, mata lebar, daerah pipi sempit dan mempunyai duri operculum, moncong berukuran pendek dan lancip, sirip punggung terletak di pertengahan badan, permulaan sirip punggung di belakang sirip perut. Gurat sisi sempurna dengan jumlah sisik gurat sisi 32-34 keping, 11 jari-jari keras dan 12-13 jari-jari lemah dan sirip ekor membundar.
31. Ikan Nila
a.Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Osphronemus
Spesies            : Osphronemus gouramy
C. Deskripsi
Ikan Barau
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Cypriniformes
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Hampala
Spesies            : Hampala macrolepidota
Ikan Pantau
a. Mofologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Cypriniformes
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Rasbora
Spesies            : Rasbora bornensis

Ikan Motan
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Cypriniformes
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Rasbora
Spesies            : Rasbora bornensis

Ikan Sipaku
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Cypriniformes
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Cyclocheilichthys
Spesies            : Cyclocheilichthys apogon


Ikan Mas
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Cyprinus
Spesies            : Cyprinus carpio


Ikan Kapiek
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Puntius
Spesies            : Puntius schwanepeldi


Ikan Tawes
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Puntius
Spesies            : Puntius javanicus

Ikan Paweh
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Osteochilus
Spesies            : Osteochilus hasselti

Ikan Subuhan
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Cyprinidae
Genus              : Puntius
Spesies            : Puntius bulu


Ikan Jambal Siam
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Pangasidae
Genus              : Pangasius
Spesies            : Pangasius suchi


Ikan Patin
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Pangasidae
Genus              : Pangasius
Spesies            : Pangasius pangasius


Ikan Juaro
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Pangasidae
Genus              : Pangasius
Spesies            : Pangasius polyuranodon


Ikan Lele dumbo
a. Morflogi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Claridae
Genus              : Clarias
Spesies            : Clarias gariepinus


Ikan Lele lokal
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Claridae
Genus              : Clarias
Spesies            : Clarias batrachus


Ikan Selais
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Siluridae
Genus              : Cryptopterus
Spesies            : Cryptopterus bicirchis


Ikan Ompok
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ostariophysi
Famili              : Siluridae
Genus              : Ompok
Spesies            : Ompok hyphothalmus

Ikan Teri
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Malacopterighi
Famili              : Clupeidae
Genus              : Stolephorus
Spesies            : Stolephorus commersoni


Ikan Tamban
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Malacopterighi
Famili              : Clupeidae
Genus              : Clupea
Spesies            : Clupea fimbriata


Ikan Bandeng
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Malacopterighi
Famili              : Chanidae
Genus              : Chanos
Spesies            : Chanos-chanos


Ikan Parang-parang
a. Morfologi


b. Klasifikasi
Ordo                : Malacopterighi
Famili              : Chirocentridae
Genus              : Chirocentrus
Spesies            : Chirocentrus hypselosema


Ikan Toman
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Channidae
Genus              : Channa
Spesies            : Channa micropeltes


Ikan Bogo
a. Gambar

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Channidae
Genus              : Channa
Spesies            : Channa gachua


Ikan Gabus
a. Morfologi


b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Channidae
Genus              : Channa
Spesies            : Channa striata


Ikan Bujuk
a. Gambar

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Channidae
Genus              : Channa
Spesies            : Channa lucius

Ikan Baung
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Siluriformes
Famili              : Bagridae
Genus              : Macrones
Spesies            : Macrones nemurus


Ikan Ingir-ingir
a. Gambar

b. Klasifikasi
Ordo                : Siluriformes
Famili              : Bagridae
Genus              : Macrones
Spesies            : Macrones nigriceps


Ikan Merah
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Percomorphi
Famili              : Lutianidae
Genus              : Lutianidae
Spesies            : Lutianus erythropterus

Ikan Tongkol
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Percomorphi
Famili              : Scombridae
Genus              : Euthynnus
Spesies            : Euthynnus allectrates

Ikan Kembung laki-laki
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Percomorphi
Famili              : Scombridae
Genus              : Scomber
Spesies            : Scomber branchysoma

Ikan Tenggiri
a. Gambar

b. Klasifikasi
Ordo                : Perciformes
Famili              : Scombridae
Genus              : Scomber
Spesies            : Scomber commersoni

Ikan Kembung Perempuan
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perciformes
Famili              : Scombridae
Genus              : Scomber
Spesies            : Scomber neglectus


Ikan Bawal putih
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perchomorphi
Famili              : Stromatidae
Genus              : Stromateus
Spesies            : Stromateus cinereus


Ikan Selar biasa
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perchomorphi
Famili              : Carangidae
Genus              : Caranx
Spesies            : Caranx mate

Ikan Selar Kuning
a.Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perchomorphi
Famili              : Carangidae
Genus              : Caranx
Spesies            : Caranx leptolepis
 
Ikan Bawal hitam
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perchomorphi
Famili              : Carangidae
Genus              : Stromateus
Spesies            : Stromateus niger


Ikan Serai
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perciformes
Famili              : Carangidae
Genus              : Caranx
Spesies            : Caranx mate


Ikan Pepetek
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perciformes
Famili              : Carangidae
Genus              : Leiognathus
Spesies            : Leiognathus dussumieri


Ikan Selinca
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Polycanthius
Spesies            : Polycanthius hasselti

Ikan Sepat siam
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Trichogaster
Spesies            : Trichogaster pectoralis


Ikan sepat rawa
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Trichogaster
Spesies            : Trichogaster trichopterus


Ikan Betok
a. Gambar

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Anabas
Spesies            : Anabas testudineus


Ikan Tambakan

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Helostoma
Spesies            : Helostoma temincki


Ikan gurami
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Osphronemus
Spesies            : Osphronemus gouramy


Ikan Katung
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Labyrinthici
Famili              : Anabantidae
Genus              : Pristolepis
Spesies            : Pristolepis grooti

Ikan Belanak
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Percesoses
Famili              : Mugilidae
Genus              : Mugil
Spesies            : Mugil dussumieri
Ikan Belut
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Synbranchoidae
Famili              : Synbrancidae
Genus              : Monopterus
Spesies            : Monopterus alba


Ikan Sebelah
a. Morfolgi

b. Klasifikasi
Ordo                : Pleurunattiformer
Famili              : Psettoidae
Genus              : Psettodes
Spesies            : Psettodes erumeri



Ikan Bawal tawar
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Chaeiformes
Famili              : Characidae
Genus              : Colossoma
Spesies            : Colossoma macropamum


Ikan Kerapu
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Percomorphi
Famili              : Serranidae
Genus              : Epinephelus
Spesies            : Epinephelus pachycentra

Ikan Sarden
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Percomorphi
Famili              : Sardinoidea
Genus              :Sardinella
Spesies            : Sardinella sirin


Ikan Alu-alu
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perciformes
Famili              : Sphyraenidae
Genus              : Sphyraena
Spesies            : Sphyraena jello

Ikan Layur
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Petromophi
Famili              : Trichiuridae
Genus              : Trichiurus
Spesies            : Trichiurus savala


Ikan Betutu
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perciformes
Famili              : Eleotridae
Genus              : Oxyeleotris
Spesies            : Oxyeleotris marmorata


Ikan Tilan
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Ophistani
Famili              : Mastacenbeidae
Genus              : Mastcembetus
Spesies            : Mastcembetus unicdar

Ikan Biji Nangka
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Percomorphi
Famili              : Mulidae
Genus              : Upeneus
Spesies            : Upeneus moiluccensi


Ikan Lidah
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Heterosoma
Famili              : Soleidae
Genus              : Cynoglossus
Spesies            : Cynoglossus lingua


Ikan Kakap merah
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perciformes
Famili              : Lutjanidae
Genus              : Lutjanus
Spesies            : Lutjanus argentimaculatus


Ikan Gulamah
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Percomorphi
Famili              : Scevinidae
Genus              : Pseudocienne
Spesies            : Pseudocienna amovensis


Ikan Mujair
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perciformes
Famili              : Cichlidae
Genus              : Oreochromis
Spesies            : Oreochromis mossambicus


Ikan Nila
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Perciformes
Famili              : Cichlidae
Genus              : Oreochromis
Spesies            : Oreochromis niloticus


Ikan Hiu
a. Morfologi

b. Klasifikasi
Ordo                : Selachi
Famili              : Carchariidae
Genus              : Carcharias
Spesies            : Carcharias menissorah










0 komentar:

Posting Komentar